Bidadari untuk Ikhwan (Resensi Novel)


Bidadari untuk Ikhwan

Bagi yang ingin mambaca novel “Bidadari untuk Ikhwan” bisa mendownload di sini.

ikh-oneSebuah novel yang menceritakan perjalanan hidup seorang ikhwan bernama Khalid. Seorang mahasiswa Fakultas Hukum tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Dengan kesibukannya ia tetap aktif dengan kegiatan dakwahnya yang penuh damai, santun, lembut tapi juga berani. Ia berdakwah kepada para preman sampai Bosnya juga ikut ngaji. Bahkan mereka menjadi saudara. Pengalaman dengan dosen pembimbing yang dianggap killer oleh teman-temannya, tapi ia tetap berjuang sampai akhirnya ia dipercaya dan berhasil. Perjuangan dan keteguhannya.

Diselingi dengan bahasa kocak para teman-temannya dengan bahasa khas anak-anak tarbiyah (aktivis dakwah kampus). Walaupun masih ada beberapa bahasa yang bertutur panjang, sedikit menjenuhkan tapi disisi itu ada yang diimbangi dengan humor-humor kecil yang membuat novel ini kembali hidup. Novel ini penuh dengan nilai/nasehat mulia tentang indahnya Islam, Islam sebagai rahmatan lil’alamin. Kita bisa merasakan indahnya persaudaraan sesama muslim, ukhuwah islamiyah. Ada sebuah perenungan dan pemaknaan hidup. Dan yang tak kalah menarik dan romantis yaitu kisah ia menemukan bidadari dan cintanya.

Jika dihadapkan dengan kondisi realita sekarang, Novel ini mungkin terlalu perfeksionis menceritakan karakter utamanya. Saya membaca novel ini ada pengaruh atau terinspirasi dari sebuah novel fenomenal. Tapi yang lebih tau ya penulisnya sendiri. Tapi untuk sebuah mimpi, visi dan cita-cita hal ini tidak menutup kemungkinan akan terwujud menjadi nyata. Sebuah peristiwa yang langka, namun Saya turut mengapresiasi karya ini, ada beberapa hikmah yang dapat saya teladani: keteguhan, keberanian dalam berdakwah dsb. Semoga penulisnya terus berkembang melahirkan karya-karya yang mengangkat sastra Islami.

Bagi yang ingin mambaca novel “Bidadari untuk Ikhwan” bisa mendownload di sini bidadariuntukikhwan

Biografi Penulisnya:

biografi2

*****

dalam-mihrab-cinta

Ada satu lagi novel yang bagus (novelet pembangun jiwa) yang berjudul Dalam Mihrab Cinta karya penulis fenomenal Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy. Novelet ini berisi tiga novelet. Berikut pengantar dari Habiburrahman El Shirazy,

Novelet pertama berjudul “Takbir Cinta Zahrana”. Dalam novelet yang sebagian isinya saya angkat dari kisah nyata ini saya mencoba menulis tentang indahnya ketegaran dan ketulusan di jalan Allah. Saya juga mencoba me-muhasabah-i tindakan orang seperti Zahrana yang lebih lebih mementingkan karier akademik daripada karier membangun rumah tangga dan membina generasi. Akademik dan karier bagi siapa pun, memang penting, tapi membangun rumah tangga dan membina generasi juga tak kalah pentingnya. Alangkah baiknya jika keduaduanya berjalan seiring seirama. Itulah yang saya harapkan dari hasil me-muhasabah-i “Takbir Cinta Zahrana”, dengan menyajikan “kasus” Zahrana.

Novelet kedua berjudul “Dalam Mihrab Cinta”. Novelet ini adalah ringkasan atau petikan dari roman “Dalam Mihrab Cinta” yang sedang saya siapkan. Sengaja saya kenalkan setengah dari alurnya kepada pembaca agar nanti lebih familiar dan lebih mantap dalam membaca roman “Dalam Mihrab Cinta.”

Meskipun berbentuk petikan atau ringkasan, namun roman “Dalam Mihrab Cinta” ini insya Allah sudah menyuguhkan jalinan cerita yang utuh. Dengan novelet ini saya mencoba menguraikan pepatah yang sangat terkenal di tanah Jawa yaitu, “Becik ketitik olo kethoro” (kebaikan akan tampak dan kejahatan akan kelihatan). Saya juga mencoba mengajak para generasi muda untuk optimis menatap masa depan. Memang belum detil dalam novelet ini. Karena sekali lagi, ini adalah ringkasannya. Lebih detilnya insya Allah ada dalam novel sesungguhnya yang masih dalam proses pematangan.

Novelet ketiga berjudul “Mahkota Cinta”. Sesungguhnya, novelet ketiga ini merupakan hasil riset kecil saya terhadap beberapa kehidupan mahasiswa pascasarjana Indonesia yang tengah menempuh studi di negeri Jiran Malaysia, terutama di universitas tertuanya, yaitu Universiti Malaya. Saya terketuk menyajikannya dalam bentuk novelet karena banyak kisah menarik dari perjalanan mereka yang bisa kita ambil hikmahnya.

Subhanallah!

***

Kelebihan lain dari novelet ini adalah adanya optimalisasi dan efektivitas membaca.

Jenis huruf/fontase, ukuran, lebar kolom, dan spasi baris yang dipakai dalam buku ini telah melalui serangkaian penelitian panjang, dan terbukti paling efektif untuk kecepatan/optimalisasi membaca dan memahami, dan efektif bagi semua usia: tua-muda.

Saya pribadi sangat menyukai novel ini. Novelet ketiga “Mahkota Cinta” sangat berkesan bagi saya karena ada sedikit kecocokan dengan kondisi saya sekarang, sebagai mahasiswa yang sedang berjuang di Tugas Akhir . Kedua novel di atas saya baca week end kemarin, untuk menghilangkan kejenuhan dan tekanan selama TA. Alhamdulillah kedua novel ini banyak memberi inspirasi (hehe 😀 )

Anda tertarik untuk membacanya?

8 komentar di “Bidadari untuk Ikhwan (Resensi Novel)

Tinggalkan komentar