Kreatifitas Menjemput Rezeki


Bismillahirrahmanirrahim

“Dan tidak ada suatu binatang melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).” (Q.S. Al-Huud: 6 )

[709]. Yang dimaksud binatang melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.

[710]. Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan ialah akhirat. Dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim.

Kreatifitas Menjemput Rezeki

flower-treeBunga

Bunga merupakan bagian yang terindah pada tumbuhan. Bunga menjadi salah satu jalan perkembangbiakan tumbuhan . Bunga merupakan cikal bakal dari buah. Di dalamnya ada putik dan benangsari. Putik dan benangsari letaknya berjauhan.  Syarat agar bisa menjadi buah harus terjadi penyerbukan dulu. Sangat sulit bagi beberapa bunga untuk melakukan penyerbukan sendiri. Apa cara yang dilakukannya? Bunga mempunyai mahkota yang indah berwarna warni dan mengeluarkan aroma harum/saripati gula. Hal inilah yang menarik lebah untuk datang. Lebah hinggap di bunga dan mengambil saripati gula. Tanpa disadari ia telah mempertemukan benangsari dan putik. Penyerbukan pun terjadi dan akan berproses menjadi biji/buah.

Cecak

Satu lagi kisah yang menarik bagi saya adalah kisah Cecak dan Laron. Cecak mendapat rezeki makanan berupa laron, bukan karena ia mengejar-ngejar laron. Cecak tak punya sayap padahal Laron bisa terbang jauh dengan sayapnya. Bayangkan, betapa susahnya jika cecak harus mengejar-ngejar laron.  Bagaimana cara agar ia bisa mendapatkan rezekinya?  Yang dilakukan Cecak adalah mendatangi cahaya (dekat lampu). Dan ketika ia di dekat cahaya, Laron juga datang ke arah cahaya. Keduanya bertemu di tempat yang terang(cahaya). Dengan gerakan yang gesit  Cecak pun mendapatkan rezekinya.

Hikmah  apa yang bisa dipelajari?

Kisah Bunga

Mencari rezeki dengan semangat “memberi” bisa menjadi solusi kreatif. Tentunya memberi kemanfaatan sebanyak-banyaknya. Jika sebagian orang biasanya selalu mencari dan ingin mendapat yang terbaik. Maka  kita bisa melakukan dengan cara yang terbalik. Kita memberi.

Belajar dari Kisah Cecak

Manusia itu ciptaan Allah. Rezeki juga karunia Allah. Kalau manusia ingin mendapat rezeki. Datanglah ke Allah dengan penuh yakin, takwa dan ikhtiar dengan akhlak mulia. Nanti ia akan ketemu dengan rezeki. Allah yang akan memudahkannya. Demikian juga dengan jodoh, Allah yang memiliki kuasa. Jika sama-sama menuju Allah, Allah yang yang akan menjodohkannya.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (Q.S. Ath Thalaaq: 2)

Wallahu a’lam.

Ini mungkin baru dari satu sudut pandang. Masih banyak hikmah lainnya.

Bagaimana menurut Anda?

Bdg, 4 November ’08

By Cha Lym,

2 thoughts on “Kreatifitas Menjemput Rezeki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s