Kenapa orang sering mengantuk ketika mendengarkan khotbah jumat?


Kenapa orang sering mengantuk ketika mendengarkan khotbah jumat?
Dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Salah satu probem yang sering terjadi saat melakukan shalat jumat, Jamaah ngantuk/tertidur saat mendengarkan khotbah. Melihat pentingnya keutamaan shalat jumat hal ini bisa merugikan, karena isi ceramah khutbah tidak masuk ke jamaah. Padahal ada sejumlah jamaah berkesempatan menimba ilmu hanya seminggu sekali yaitu saat  khutbah Jumat. (Sedikit curhat pengalaman pribadi)

Kalau menurut saya, beberapa sebabnya:
1. Suara khotib tidak terdengar dengan baik.
2. sirkulasi udara kurang baik.
saat udara panas, ini sunnatullah akibat suasana masjid yang penuh jamaah.
3. sebab lainnya mungkin tergantung amal. (amalannya kurang :p )
Hari Jum’at itu sayyidul ayyam, menjadi hari raya tiap pekannya. Di hari Jumat banyak amalan sunnah sebelum pergi shalat jum’at: memotong kuku, mencukur kumis, memakai pakaian terbaik, memakai minyak wangi, dll.

Solusi,
Pengaturan tata suara masjid,
memperbanyak bukaan/jendela/ventilasi.
mengamalkan sunnah2 hari Jumat.
Biasanya orang yang sedang pingsan dibangunkan dengan cara dikasih nafas buatan, atau bau2an(minyak kayu putih). Kalau jamaah dan masjidnya wangi, sirkulasi udara lancar, udaranya segar banyak oksigennya nya mungkin para jamaah tidak mengantuk.

Ketika saya tanyakan ke Masrukhul Amri(www.amri.web.id), Kenapa orang sering mengantuk ketika mendengarkan khotbah jumat, beliau memberikan jawaban:

“karena imam tidak memakai infocus, orang kalau duduk lama, dengan perut tertekan memang cenderung ngantuk. Kalau pakai infocus kan ada yang dilihat.”

“Saya merindukan, ada sensor yang bisa mengontrol orang itu ngantuk atau tidak, misalnya kalau ngantuk kaya tersetrum sedikit sebagai pengingat. 10 tahun yang lalu sudah saya ajukan ke ahli teknologi dan kesehatan, hasilnya belum.” (Mas Amri)

Bagaimana menurut pendapat Anda?

(InsyaAllah jawaban dari Anda akan saya pertimbangkan untuk mendesain sebuah kompleks Masjid, dan saya akan berusaha memberikan solusi dari sisi desainnya)

4 thoughts on “Kenapa orang sering mengantuk ketika mendengarkan khotbah jumat?

  1. Wah Mas Cha Lym nih menyindir hehe.. tp emang bener kok. Saat mendengar khotbah Jum’at, luar biasa serangan ngantuknya. Begitu nyampe di rumah, rasa ngantuknya malah ilang. Rupanya kl kita duduk diam (pasif), cenderung untuk mengambil inisiatif tidur..😀 Kebiasaan jelek sih. Mudah2an ke depan lebih baik lagi.. Amin.

  2. Assalamualaikum..
    Pa kabar mas Cha Lym ? Alhamdulillah, cita-cita yang sangat mulia nih, membangun sebuah masjid ( walau baru tahap design dulu ). ciptakan suasana yang Sakral shg dpt menimbulkan sifat kehambaan kepada Yang Maha Pencipta.
    Zajakaullah..

  3. syukron akh, udah nambah ilmunya..
    ooo, klo gitu solusinya perlu pengkondisian cahaya. Nah salah satu tema yang saya pakai dalam perancangan desain masjid tentang cahaya,

  4. satu lagi akh, tempat yang gelap. Mata kita mampu menghasilkan hormon melatonin yang diproduksi dalam kondisi kurang cahaya dan menjadikan kita mudah mengantuk.
    nice akh tulisan2nya, menyemangati saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s