Tantangan


TANTANGAN

Perjalanan hidup manusia dipenuhi dengan masalah. Tiap orang mempunyai cara pandang yang unik terhadap masalah. Ada yang menganggap itu sebagai cobaan, hambatan, atau sarana pembelajaran hidup. Semua itu tergantung bagaimana ia memandang dan bagaimana ia menyikapinya.

Bagi seorang yang menginginkan kesuksesan, masalah bukanlah hambatan, dengan caranya yang unik ia menjadikan masalah sebagai tantangan. Baginya sebuah tantangan sangat dibutuhkan. Karena di dalam tantangan itu ada pelajaran dan hikmah yang sangat berharga. Manfaat dari adanya tantangan akan dapat di rasakan setelah ia melewatinya. Itulah sepenggal artikel yang memotivasi saya. Siapkan dirimu siapa tahu esok lebih sulit.

Di semester enam ini saya menemukan sebuah tantangan baru. Kenapa? Kalau melihat prestasi semester lalu sangat memprihatinkan, nilai IP ku anjlok dari rel.😥 Jika dibandingkan dengan materi di tingkat dua, secara substansi, materi kuliah di tingkat 3 memang lebih banyak dan kompleks. Entah kenapa motivasi belajar saya menurun di semester kemarin, kurang semangat dalam belajar ’males’,atau karena kurangnya sarana alat belajar. Walaupun nggak separah nasakom, tetep aja  sangat berefek pada kelangsungan beasiswaku. Kali ini saya dapat SP 2 (kena sanksi lagi; uang saku dikurangi sampai 60%).  😥  😥  Inilah kesalahan besar saya,kenapa  sampai terjerumus masuk ke dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya. Tapi aku yakin rezeki dari Allah tak datang dari satu jalan saja, pasti ada banyak jalan yang telah Dia buka. Masih ada banyak jalan yang bisa kutempuh. Insyaallah!

Tantangan di semester ini akan lebih berat lagi. Seberat dan sesulit apapun itu pasti ada cara untuk melewatinya. Ya itulah kesalahan di hari kemarin dan hari ini harus kubayar dengan mahal. Hanya ada satu kesempatan lagi.  Akan kujadikan dendam positif. Harus lebih baik lagi. InsyaAllah BISA!

Berikut beberapa langkah yang dapat kuambil:

Sikap

Sikapi dengan sikap terbaik dan bijak serta positive thinking.

Berpikir holistik/menyeluruh.

Mengapa begini, mengapa begitu.

Jadikan ini sebagai proses belajar. Mengapa kita belajar? Karena kita masih bodoh dan memerlukan ilmu. Dalam belajar sangat jarang ditemukan hasil yang sangat instan dan linear (tiba-tiba ketemu), selalu dilakukan melalui beberapa proses yg tidak linear tetapi spiral.

 Belajar dan bekerja dengan cinta.

Setiap orang dengan segala keterbatasannya berhak memiliki cita-cita. Keinginan kuat untuk mencapainya  akan memunculkan  keajaiban yang luar biasa

 “Jadilah lebih dari sekedar cita-cita. Jadilah ‘Sang Pemimpi’. Kemasi bantal dan selimut, pergilah melihat dunia. “

“Cintailah ilmu, karena dengan ilmu hidupmu akan lebih berharga.”

Jika menemui kesulitan dengan alasan kurang menyukai ilmu tersebut maka renungilah kata-kata ini

Janganlah mencari sesuatu makhluk  yang sempurna untuk dicintai.

Belajarlah mencintai sesuatu yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna.

Insyaallah dengan usaha optimal, sungguh-sungguh dan penuh cinta akan behasil maksimal karena Allah yang akan menyempurnakan.

Ya Allah, masukkanlah aku ke dalam suatu urusan dengan baik, dan keluarkanlah aku dari urusan tersebut dengan baik pula. Amiin.

Terima kasih pada sahabat yg telah memberi nasehat & support. Syukron jazilan.

Bersyukurlah

Bersyukurlah karena engkau tidak memiliki semua yang diinginkan

jika engkau memiliki semuanya, apalagi yang hendak engkau cari.

Bersyukurlah saat engkau tidak mengetahui sesuatu,

karena itu memberi kesempatan kepadamu untuk belajar.

Bersyukurlah atas masa-masa sulit yang kau hadapi

karena selama itulah engkau tumbuh menjadi dewasa.

Bersyukurlah atas keterbatasan yang engkau miliki

karena hal itu memberimu kesempatan untuk memperbaiki diri.

Bersyukurlah atas setiap tantangan baru

karena hal itu akan membangun kekuatan dan karaktermu

Bersyukurlah atas kesalahan-kesalahan yang engkau perbuat,

karena hal itu memberimu pelajaran yang sangat berharga.

Bersyukurlah ketika engkau lelah dan tak berdaya

karena berarti engkau telah membuat suatu perbedaan.

Adalah mudah untuk bersyukur atas hal-hal yang baik.

Kehidupan yang bermakna adalah bagi mereka

 yang juga bersyukur atas kesulitan yang dihadapi.

Rasa syukur bisa mnegubah hal negatif menjadi positif

Berusahalah bersyukur atas kesulitan yang engkau hadapi,

sehingga kesulitan itu akan menjadi berkah bagi dirimu.

3 thoughts on “Tantangan

  1. Wswb.

    Syukron jazilan buat Ade dan Teteh atas semua bantuannya. Makasih telah dingatkan ttg kelalaian sy. InsyaAllah akan menjadi pelajaran hidup buat saya. Smg kita sukses bersama. Amiin.

    Semangat!!!
    Bismillahi Allahu Akbar!!!

  2. Aswb.

    Alhamdulillah ade bisa menyikapi kenyataan yang dihadapi dengan sikap positif. menjadikan masalah sebagai tantangan. Jangan menyerah!

    Selain hal di atas, ada satu lagi saran. (Boleh yaa…he..he..)
    Ade harus berani menentukan pilihan mana yang lebih penting. Jangan merasa tidak enak ketika kita harus memilih. Ade sendiri yang bisa menentukan mana yang lebih penting. Dan harus berani bersikap tegas untuk berkata “tidak”.

    Tambah satu lagi,..j(he..he..) ika mendapat kesulitan berkenaan dengan tugas di TC (misalnya bentrok sama tugas kuliah), jangan segan untuk mengemukakannya, insya allah saya siap bantu. Saya tidak mau kegiatan kita mengganggu studi ade. Utamakan kuliahnya ya,..insya allah yang lainnya bisa kita tangani bersama.

    Ganbatte,..Ganbarou!!!

  3. Subhanallah..Aa ku ini keren sekali. Menjadikan semua sebagai pelajaran juga butuh proses. Dan ga semua orang berhasil, hanya yg dirahmati ALLAH yang kemudian ridho dengan apa yg ditimpakan padanya.. lay yushiibanaa illaa maa kataballaahu lanaa..tidak menimpa kita sesuatu kecuali sudah apa yg ditetapkan ALLAH.
    tapi bukan berarti berleha-leha..perbaiki setiap kesalahan dan kekurangan. Dan jadikan kekurangan kita sebagai kekuatan dan kelebihan kita. Meski ga punya komputer, ade masih bisa lulus dari kuliah ade kan A? Man jadda wa jadda..barangsiapa berusaha..dia pasti berhasil. Dan perlu diingat, berhasil ga harus selalu sesuai dengan keinginan kita, tapi sesuai keinginan ALLAH.
    Banyak jalan menuju roma..
    ALLAH selalu bersama kita, itulah modal utama kita A.
    Jazaakallaah atas tulisannya:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s