KISAH SI BAHLUL


KISAH SI BAHLUL

Bahlul seorang pegawai, setelah melalui 2 tahun
kerja keras dan pengabdiannya yang tulus di sebuah
perusahaan, tiba-tiba menyadari bahwa dirinya
selama ini tak kunjung mendapatkan promosi,
salary no up-up (gajinya pun gak naik naik),
bahkan diusulkan untuk naik pun gak pernah,
pokoknya perusahaan ini nampaknya sama sekali
gak pernah peratiin dia, gitu lah kesimpulannya.

Sehingga suatu pagi Bahlul memutuskan untuk
menghadap ke pak Bento HRM (Human Resource
Manager) dan setelah saling mengucap salam maka
Bahlul segera dengan bersemangat menyampaikan
maksud hati dan segala uneg-unegnya kepada HRM.
Pak Bento setelah menatapnya beberapa saat kemudian
tertawa, mempersilahkannya untuk duduk dan berkata:
“Ha ha ha, dengar kawan, anda itu bahkan belum bekerja
untuk perusahaan ini meskipun satu hari..!”

Tentu saja Bahlul sangat terkejut mendengar hal itu
namun pak Bento segera meneruskan:

Bento: Coba katakan ada berapa hari dalam setahun?
Bahlul: 365 hari dan kadang-kadang 366 hari.

Bento: Betul, sekarang ada berapa jam dalam sehari?
Bahlul: 24 jam.

Bento: Berapa jam kamu bekerja dalam sehari?
Bahlul: dari jam 08:00 s/d 16:00 jadi 8 jam sehari.

Bento: Jadi, berapa bagian dari harimu yang kamu pakai bekerja?
Bahlul:(mulai ngitung dalam hati…..8/24 jam = 1/3)….sepertiga!

Bento: Wah pinter kamu!, Sekarang berapakah 1/3 dari 366 hari?
Bahlul: 122 (1/3×366 = 122 hari)

Bento: Apakah kamu bekerja pada hari Sabtu dan Minggu?
Bahlul: Tidak Pak!

Bento: Berapa jumlah hari Sabtu dan Minggu dalam setahun?
Bahlul: 52 Sabtu ditambah 52 Minggu = 104 hari.

Bento: Nah, kalau kamu kurangkan 104 hari dari 122 hari,
berapa yang tinggal?
Bahlul: 18 hari.

Bento: Nah, saya sudah kasih kamu 12 hari cuti tiap tahun.
sekarang kurangkan 12 hari dari 18 hari yang tersisa itu
berapa hari yang tinggal?
Bahlul: 6 hari.

Bento: Di hari Natal dan Tahun Baru apakah kamu bekerja?
Bahlul: Tidak pak!
Bento: Jadi sekarang berapa hari yang tersisa?
Bahlul: 4 hari.

Bento: Di hari Idulfitri dan Iduladha apakah kamu bekerja?
Bahlul: Tidak pak!
Bento: Jadi sekarang berapa hari yang tersisa?
Bahlul: 2 hari.

Bento: Sekarang sisa tersebut kurangi dengan
Libur Waisak, Imlek, Nyepi, 1 syuro, maulud,
israkmikraj, wafat yesus, kenaikan isya al masih,
proklamasi.. ……… …. berapa hari yang tersisa?

Bahlul: …???…… …gak ada sisa pak.

Bento: Jadi sekarang anda mau menuntut apa?

Bahlul: Saya mengerti pak, sekarang saya sadar bahwa selama ini
saya sudah makan gaji buta dan telah mencuri uang perusahaan
dengan tidak bekerja sedikitpun. Saya minta maaf……

============ ====
Pelajaran:
1. JANGAN PERNAH MENGHADAP HRM UNTUK MINTA TOLONG!
2. JANGAN PERNAH BERDEBAT DENGAN PAK BENTO.
3. HRM = HIGH RISK MONSTER(s)

 

Just Kidding lah:
No hard feeling:
‘afwan jiddan jika ada yg merasa tersinggung…

ga sengaja (dikit)… sengajanya (lebih banyak)

 


with smile,
😀

6 thoughts on “KISAH SI BAHLUL

  1. kebumen,,,,thun 2002 q mnggalkanmu smp skr 2010.
    sdah 8 thn lbh q tak lg m’hrup aroma kebumen kota d mna 3 thun q mnntut ilmu di SMK N 2 ZOX-ZANK.
    Pulang cuti ni ku kan mndatangimu,,,,,Kebumen qu.
    I’am comiiiiiiing !!!!!!

  2. weis..tulisan yg sama yg pernah sy baca di web intranet kantor, dengan perbedaan nama😀
    Wah, keren sebenernya cerita ini teh..mengandung hikmah yang cukup banyak..
    tp ya itu lah, jangan pernah menghadap HRM klo kita ga punya bukti kuat dan persiapan jawaban😀

  3. assww…
    wah…keren juga gambar lautnya…jadi pengen pulang..:p

    kebumen…?? uhm…bentar lagi kesana. Kebumen dah hampir jadi kot metropolitan, hehe…mirip depok-kota mal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s